10 Contoh Hewan Endemik Indonesia

01-01-1970

Faunatis.com - Tahukah kamu bahwa di Indonesia terdapat kelompok hewan endemik? Hewan endemik merupakan hewan asli yang berasal dari suatu wilayah tertentu. Menurut Diponogoro Law Journal, hewan endemik merupakan hewan yang memiliki keunikan dan ciri khas dan dapat menyesuaikan diri dengan habitatnya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak contoh hewan endemik yang dilindungi dan dilestarikan populasinya. Berikut ini kami berikan contoh hewan endemik Indonesia yang wajib kalian ketahui untuk menambah wawasan kalian.

Contoh Hewan Endemik Indonesia

1. Burung Cenderawasih

Siapa yang tidak mengenal burung cantik yang satu ini? Burung cenderawasih merupakan hewan endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Burung cantik ini memiliki sekitar 30 spesies dengan bulu cantik dan unik. Ada banyak jenis burung cenderawasih yang dapat kalian temukan saat ini seperti cenderawasih botak, cenderawasih kuning kecil, dan cenderawasih merah.

2. Monyet Hitam Sulawesi

Monyet hitam Sulawesi merupakan salah satu hewan endemik yang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya hewan yang satu ini memiliki bulu dominan hitam dengan jambul kepala merah mudah pada bagian belakang. Satwa langka yang satu ini hidup di hutan hujan tropis yang berada di Kawasan Cagar Alam Tangkoko.

3. Burung Maleo

Burung Maleo juga merupakan salah satu burung cantik khas Indonesia yang sudah cukup terkenal. Burung Maleo berasal dari Sulawesi tengah, dengan bulu berwarna hitam dan bagian bawah berwarna merah mudah keputihan.

Bagian kulit sekitar mata burung maleo berwarna merah dan paruh berwarna jingga keabuan dan tinggi kurang lebih 55 cm. Burung maleo termasuk satwa endemik yang langka dan perlu dilestarikan populasinya saat ini karena burung ini hanya bisa bertelur satu butir per musim. Oleh sebab itu, jika satwa ini tidak dilindungi mungkin populasi burung eksotis ini akan punah.

4. Komodo

Salah satu hewan endemik Indonesia yang sudah sangat terkenal hingga ke negara luar adalah Komodo. Hewan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ini merupakan salah satu satwa yang terancam punah dan wajib dilestarikan.

Menurut data Katadata, speises dari Komodo saat ini tersisa 5.700 ekor. Hal itu disebabkan aktivitas manusia yang memburu hewan langka ini dan membangun wisata disekitar tempat tinggal Komodo. Sehingga habitat dari Komodo sudah berkurang drasitis.

5. Jalak Bali

Selain terkenal dengan pantai yang indah, Bali juga terkenal dengan salah satu hewan endemik yang tak kalah menarik yaitu Jalak Bali. Jalak bali merupakan hewan khas bali yang memiliki ciri tubuh berwarma putih dengan ujung ekor bewarna hitam dan sayap berwarna hitam.

Populasi Jalak bali saat ini tengah dilestarikan di Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Karakter dari burung jalak bali ini sangat suka berkicau dan ceria.

6. Gajah Kalimantan

Pastinya sudah banyak orang yang sudah tidak asing dengan hewan besar dengan belalai yang Panjang ini. Gajah merupakan salah satu hewan endemik dari Indonesia yang berlokasi di Kalimantan. Tubuh gajah Kalimantan lebih kecil dibandingkan dengan gajah india.

Dengan tubuh yang lebih kecil, gajah Kalimantan memiliki daun telinga yang lebih besar dan gading yang pendek dan lurus. Selain itu gajah Kalimantan juga memiliki sifat yang lebih lembut dan tidak agresif.

7. Orang Utan

Sama hal nya dengan Komodo, Orang utan juga merupakan salah satu fauna endemik Indonesia yang sudah terkenal ke negara luar dan terancam punah. Orang utan memiliki banyak jenis, ada orang utan sumatera, orang utan Kalimantan, dan orang utan tapanuli. Semua jenis orang itu memiliki karakteristik masing-masing.

Untuk orang utan sumatera memiliki karakteristik bulu berwarna cokelat kemerahan dan terancam punah. Orang utan Kalimantan memiliki ciri wajah yang besar dan pelipis seperti bantal. Untuk orang utan tapanuli merupakan spesies yang baru dan ditemukan di ekosistem batang toru. Populasi dari orang utan ini juga terancam punah.

8. Badak Sumatera

Badak Sumatera dapat ditemui di Taman Nasional Bukit Barisan, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Way Kambas. Fauna endemik yang satu ini juga terancam punah dan wajib dilestarikan saat ini.

Badak Sumatera hanya dapat melahirkan satu anak per tiga atau empat tahun. Sehingga populasi dari badak ini sangat sedikit. Selain itu banyaknya aktivitas pemburu menjadikan badak ini semakin terancam.

9. Harimau Sumatera

Salah satu hewan endemik Indonesia yang sudah terkenal dengan keeksotisannya adalah Harimau Sumatera. Harima Sumatera memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan jenis harimau lain pada umumnya. Hewan ini juga memiliki kulit berwarna gelap dengan corak loreng hitam rapat yang mirip sidik jari.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2017, populasi dari harima sumatera tersisa 68 ekor saja.

10. Tersius Kerdil

Tersius Kerdil merupakan satwa endemik Indonesia atau lebih tepatnya dari Sulawesi Tengah. Tersius Kerdil memiliki ukuran yang kecil dengan berat sekitar 50 gram, dan memiliki bulu lembut berwarna abu-abu atau cokelat gelap.

Tersius Kerdil termasuk dalam hewan nocturnal dan sempat dinyatakan sudah punah karena keberadaanya tidak ditemukan. Akan tetapi, pada tahun 2008 ditemukan empat Tarsius kerdil di Gunung Rorekatimbu, Sulawesi Tengah. Sejak saat itu, status punah dari hewan ini dihapus dan mulai dijaga populasinya.

Itulah 10 contoh fauna endemic Indonesia yang wajib kalian ketahui. Semua jenis hewan yang sudah kami sebutkan tersebut wajib dilestarikan populasinya dan dijaga agar tidak punahh. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian seputar fauna dan selamat membaca.

Artikel Lainnya