Faunatis.com - Orang utan merupakan spesies yang unik dan ikonik Indonesia dan merupakan satwa endemik Indonesia. Tanggal 19 agustus diperingati sebagai Hari Orang Utan Sedunia.

Orang utan adalah salah satu jenis dari kera berukuran besar yang masuk dalam kelompok primata. Satwa ini terdiri atas dua sub-spesies yang dikenal dengan nama Orang utan Kalimantan dan Orang utan Sumatera.

Kedua primata ini berada di ambang kepunahan. Terdapat banyak faktor yang memicu penurunan populasi orang utan secara derastis, salah satunya adalah deforestasi. Oleh sebab itu, pemerintah dan berbagai Lembaga peduli hutan dan satwa terus mengupayakan konservasi demi keberlangsungan primata ini.

Klasifikasi Ilmiah Orang Utan

Kingdom            : Animalia

Sub-kingdom     : Metazoa

Filum                 : Chordata

Kelas                 : Mamalia

Ordo                  : Primata

Famili                : Hominidae

Genus               : Pongo

Spesies             : Pongo pygmaeus

Ciri-Ciri Orang Utan

Adapun ciri-ciri orang utan adalah sebagai berikut :

1. Memiliki tubuh yang gemuk dan agung, berleher agung, lengan yang Panjang dan kuat, kaki yang pendek dan tertunduk serta tidak memiliki ekor.

2. Orang utan memiliki tinggi sekitar 1,25-1,5 meter.

3. Tubuh orang utan diselimuti rambut merah kecoklatan.

4. Ketika sampai tingkat kematangan seksual, orang utan jantan memiliki pelipis yang gemuk pada kedua sisi, ubun-ubun yang agung, rambut diproduksi menjadi panjang dan tumbuh janggut disekitar wajah.

5. Orang utan memiliki beberapa indera yang sama seperti manusia, yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecap dan peraba.

6. Beberapa orang utan jantan memiliki bobot sekitar 50-90 kg, sedangkan orang utan betina beratnya sekitar 30-50 kg.

7. Pada telapak tangan orang utan terdapat 4 jari jari Panjang ditambah 1 ibu jari, telapak kaki mereka juga memiliki bangun jari jemari yang sangat mirip dengan manusia.

8. Orang utan masih gtermasuk dalam spesies kera agung seperti gorilla dan simpanse

Jenis Orang Utan

Terdapat dua jenis orang utan yang menghuni areal hutan di Indonesia, antara lain :

1. Orang utan Kalimantan

Orang utan Kalimantan atau Pongo pygmaeus adalah salah satu sub-spesies Orangutan di Indonesia yang menghuni daratan Pulau Kalimantan. Sub-spesies ini terbagi kembali menjadi tiga jenis, yaitu Pongo pygmaeus pygmaeus, Pongo pygmaeus morio, serta Pongo pygmaeus wurmbii.

2. Orang utan Sumatera

Orang Utan Sumatera atau Pongo abelii merupakan salah satu sub-spesies Orangutan yang hidup di Indonesia. Sesuai dengan namanya, jenis ini hidup di wilayah hutan Pulau Sumatera.

Belum lama ini, para peneliti mengumumkan penemuan sub-spesies baru orang utan. Jenis tersebut dinamakan Orang Utan Tapanuli dengan nama Latin Pongo tapanuliensis. Meski telah dinyatakan sebagai sub-spesies ketiga setelah Otang Utan Kalimantan dan Orang Utan Sumatera, jenis ini masih dalam tahap penelitian.

Disebutkan bahwa Orangutan Tapanuli hanya hidup di sepanjang kawasan hutan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara yang mencakup tiga kabupaten di Tapanuli. Perbedaan paling mencolok dari sub-spesies ini adalah bulunya yang keriting serta terdapat kumis di atas bibirnya. Selain itu jumlah populasinya juga sangat sedikit, yaitu hanya sekitar 800 ekor.

Status Kelangkaan Orang Utan

Menurut International Union for Conservation Nature (IUCN) Red List, Orang Utan Kalimantan atau Pongo pygmaeus yang sebelumnya berstatus Endangered atau terancam punah kini statusnya berubah menjadi Critically Endangered. Status tersebut menunjukkan bahwa satwa ini berada pada tahap kritis dan akan punah dalam waktu dekat.

Sesuai dengan data pada IUCN Red List, hal serupa juga terjadi pada Orang Utan Sumatera atau Pongo abelii. Primata ini masuk dalam kategori Critically Endangered atau kritis dan terancam punah. Status tersebut diberikan setelah mengamati perkembangan populasi satwa ini selama 75 tahun terakhir dan faktanya mengalami penurunan sebanyak 80%.

Terdapat beberapa faktor yang memicu penurunan jumlah populasi orang utan, salah satunya adalah maraknya perburuan liar yang dilakukan di sepanjang Kawasan hutan Kalimantan Indonesia dan Malaysia, hingga kegiatan penebangan hutan.

Itula informasi mengenai orang utan, primata Indonesia yang saat ini sudah terancam punah. Semoga upaya konservasi terus dilakukan guna menyelamatkan hutan.